Minggu, 28 Juni 2015

Selalu Rendah Diri dan Jauhi Kesombongan.

Renungan Pagi Hari, 

Tahukah kalian Dosa Besar yang sangat dimurka dan dilaknat oleh Allah ??!
Salah satunya adalah Kesombongan.

“Sombong adalah keadaan seseorang yang merasa bangga dengan dirinya sendiri. Memandang dirinya lebih besar dari pada orang lain, Kesombongan yang paling parah adalah sombong kepada Rabbnya dengan menolak kebenaran dan angkuh untuk tunduk kepada-Nya baik berupa ketaatan ataupun meng-Esakan-Nya”. (Fathul Bari’ 10/601)
Ayat diatas telah dengan tegas menjelaskannya. "Janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh". maksudnya adalah, janganlah kamu menjadi orang yang sombong, keras kepala, lagi berbuat semena-mena. Jangan kamu lakukan semua itu yang menyebabkan Allah akan murka kepadamu” (Tafsir Ibnu Katsir 3/417)
Rasulullah bersabda :
“Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi”.
“Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian rendah hati, hingga tidak ada seorangpun yang bangga atas yang lain dan berbuat aniaya atas yang lain” (Riwayat Muslim)
”Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” [Al Israa’:37]

”Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [Luqman:18] 
Orang yang sombong terhadap dirinya sendiri atau menolak kebenaran dan merendahkan manusia, Allah  akan kunci mati hatinya dari menerima kebenaran. Allah  berfirman:“ Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang” (Ghafir : 35)

Imam As Syaukani mengatakan : “Sebagaimana Allah mengunci mati hati orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah, maka demikian pula Allah akan mengunci mati hati orang yang sombong lagi berbuat semena-mena”.
Allah SWT berfirman: “Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahanam itu, sedang kamu kekal di dalamnya". Maka neraka Jahanam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri” (Az-Zumar : 72).
Kesombongan dihadapan manusia dengan meremehkan dan menganggap sebelah mata orang lain. Sombong atas harta kekayaannya, pangkat dan kedudukan, sombong dengan ilmu, dan lain sebagainya. 
Dalam hadits lain Rasulullah bersabda: “Cukuplah seseorang dianggap melakukan kejelekan, apabila ia meremehkan saudaranya sesama muslim” (Riwayat Muslim)

Semoga Allah SWT menjauhkan diri kita semua dari sifat sombong juga angkuh dan semoga kita  menjadi pribadi yang selalu rendah diri dan menghormati orang lain. Amin.

Sumber artikel : Life Story, Google

0 komentar:

Posting Komentar